Nasehat Ampuh


NA SEHA T   A M PUH



(Sebuah cerita pendek)





Suatu ketika,seorang kiai yang sudah cukup di kenal di masyarakat dengan kebijakan dan nasehat-nasehatnya yang sarat dengan hikmah,di datangi oleh seorang wanita bersama seorang putranya.Wanita tersebut mengeluhkan bahwa putranya memiliki kegemaran buruk yaitu selalu memakan garam dan sulit di kendalikan, karna kita tahu bahwa mengkomsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti Kolestrol ,darah tinggi,penuaan dini, dan bisa membuat bodo.Ia meminta sang kiai untuk menasehati putranya agar  berhenti memakan garam selamanya. Sang kiai menganguk dengan bijak ,lalu menyuruhnya untuk kembali lagi setelah dua minggu.
Ketika mereka kembali setelah dua minggu berlalu ,sang kiai dengan penuh kemantapan berkata kepada anak lelaki itu dengan ucapan yang cukup singkat, “Nak,aku menyuruhmu untuk berhenti memakan garam !”
Setelah  mendengar perkataan sang kiai ,tentu saja sang ibu keheranan dan bertanya ,”Mengapa anada membuat kami menunggu selama dua minggu,kalau hanya mau mengatakan itu saja ?,tidak bisakah anda mengatakan hal tersebut kepada putra saya ketika kami pertama kali mendatangi anda ?”
Sang kiai menjawab ,”Tidak,saya tidak mungkin mengatakan hal tersebut kepada putra anda dua minggu lalu.”“Mengapa?” seloroh sang ibu.

Sang kiai segera menimpali,”Karna saya harus terlebih dahulu berhenti memakan garam.jadi selama 2minggu itu saya harus berusaha untuk tidak memakan garam lagi”
“Tetapi mengapa harus demikian ?”Tanya sang ibu dengan penuh kebingungan.
Sembari mengembangkan senyuman,sang kiai menjawab,”Sebab bagaimana mungkin sayab melarang orang lain agar tidak melakukan sesuatu,sedang saya sendiri masih melakukannya?!”





Dalam cerita di atas dapat kita ambil ibrah bahwa jikalau kita ingin mengoreksi orang lain .haruslah mengoreksi diri kita terlebih dahulu.


Belum tentu orang jahat lebih buruk daripada diri kita . semuanya hanya Allah yang berhak menentukan baik buruk nya seseorang . biarpun sejahat –jahat manusia ,gitu –gitu mahluk ciptaan Allah juga ^_^
Semoga bermanfaaat ,tunggu carpen berikutnya ^_^  keep smile 



 sumber : majalah cahaya nabawi edisi 60, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOHON COMMENT NYA :)
ATAU LIKE NYA (Y) TERIMA KASIH

ILMU KALAM

  ILMU KALAM Disusun Untuk Memenuhi Matakuliah Ikmu kalam Dosen pengampu :Ismail, S,Pdi,M.Pd.I     Disusun Oleh : Nyemas u...