PENDIDIKAN KEBERANIAN



TUGAS MAKALAH
PENDIDIKAN KEBERANIAN
UNTUK MEMENUHI MATA KULIAH
(ETIKA PROFESI GURU)
DOSEN PENGAMPU : Dr.HAMZEIN BUNSU,M.Ag








DISUSUN OLEH : AZLANSYAH (11511106)

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN 2015

















KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas berkat limpahan rahmat serta hidayahnya lah, kami bisa menyelesaikan tugas “Etika Profesi Guru” secara tepat waktu. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi besar Muhammad SAW.
Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai  tugas mata Kuliah  “Etika Profesi Guru” dengan judul “Pentingnya kejujuran Bagi Generasi Muda” di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Terima kasih disampaikan kepadaHamzein Bunsu selaku dosen pengampu  mata kuliah “Etika profesi guru” yang telah membimbing dan memberikan pengarahan demi lancarnya tugas ini.
Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas bagi proses pembelajaran yang akan datang


Pontianak, 17 Mei 2016
Penyusun









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................      i
DAFTAR ISI..............................................................................................    ...ii
PENDAHULUAN...................................................................................... ....  1
A.        Latar Belakang................................................................................... ....1
B.        Rumusan masalah................................................................................... 2
C.        Tujuan.................................................................................................... 2
D.         Manfaat.................................................................................................2
PEMBAHASAN..............................................................................................  3
PENGERTIAN PENDIDIKAN..........................................................................3
PENGERTIAN KEBERANIAN.........................................................................5
METODE MENGAJAR KEBERANIAN...........................................................6
KESIMPULAN ...........................................................................................  ... 8
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................9
















TENTANG BAB 1
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Setiap orang pada dasarnya pernah mengalami pendidikan, tetapi tidak setiap orang mengerti makna kata pendidikan. Pengertian pendidikan menjadi penting manakala bahwa kita tidak dapat memungkiri bahwa dengan perkembangan zaman didunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah pola piker pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya saja, seiring dengan kemajuan pendidikan terkadang konsep atau pengertian tersebut mungkin menjadi bias atau kabur.
Melengkapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan konsep dan teori pendidikan, yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya. Oleh karenanya kita bisa menengok dari pengertian pendidikan menurut para ahli.














B.  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian pendidikan ?
2.       Apa pengertian keberanian ?
3.      Metode -metode untuk mengajarkan keberanian untuk anak pra sekolah,SD,dan Remaja
                                               
C. Tujuan Masalah
             Tujuan membuat makalah ini pada awalnya untuk menjalakan tugas yang di berikan dosen pengampu ,tetapi di samping itu saya ingin memberitahu apa itu pendidikan ,keberanian ,dan metode metode mengajarkan nya.sehingga orang yang membaca makalah ini insya Allah sangat bermanfaat dunia akherat.




















BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Pendidikan
         Pada dasarnya pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
          Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.
         Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.


 

           Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Sedangkan pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.







B.  Pengertian keberanian
           Keberanian (atau Tekad) itu adalah sebuah keputusan yang sumbernya datang dari diri kita sendiri, yang bisa kita salurkan untuk menggapai panggilan, mimpi, harapan, dan tujuan hidup kita. Keberanian (atau Tekad) bukanlah sekadar lawan kata dari “ketakutan/ rasa takut”, tetapi keberanian (atau Tekad) memiliki arti yang jauh lebih dalam dari itu. Keberanian (atau Tekad) bisa dipilih oleh kita di dalam segala bentuk situasi hidup yang kita alami.

         Tanpa keberanian (atau Tekad), pencapaian mimpi/ tujuan hidup kita akan jadi mustahil. Tanpa keberanian (atau Tekad), kita akan mudah patah semangat dan putus asa dihadapkan dengan tantangan dan rintangan yang pasti muncul pada saat kita berjalan menuju mimpi/ tujuan hidup kita.

      Juga, kita berani/ bertekad bukan berarti kita ‘buta’/ berpura-pura tidak melihat kenyataan hidup atau beranggapan bahwa tantangan dan rintangan yang kita hadapi akan hilang begitu saja tanpa kita berusaha untuk menghadapi dan mengatasinya. Justru, jika kita berani dan bertekad, kita akan menyadari bahwa tantangan dan rintangan yang kita hadapi adalah nyata dan kita akan berperan aktif untuk mengatasinya sehingga pencapaian mimpi/ tujuan hidup kita akan menjadi nyata..

       Maka dari itu, mulailah kawan untuk menilik lagi ke dalam diri dan hati kita masing-masing. Apakah keberanian (atau Tekad) ini sudah hadir dan tumbuh subur? Jika sudah, sangatlah mungkin dan mudah bagi kalian untuk menggapai masa depan yang penuh dengan prestasi dan kesuksesan.









C.METODE-METODE MENGAJAR KEBERANIAN
Metode bagi Anak Prasekolah
       I.            Menghargai Usaha
Bantu anak anak merasakan kegembiraan ketika mulai tahu bahwa keberanian berperan dalam usaha bukan dalam hasil.ketika seorang anak kecil mencoba belajar mengendarai sepeda roda dua ,menyimpul tali sepatu ,atau main lompat tali tetapi tidak langsung bisa ,pujilah setiap usahanya dan yakinlah bahwa ia semakin baik.jangan khawatir tentang kegagalan.semangati dia untuk mencoba lagi .berbuatlah apa saja untuk membantunya berhasil.
   Kembali ke masa kanak kanak kita sendiri,barangkali kita ingat bahwa sebagian keberanian yang kita tunjukkan berawal dari kegagalan,namun saat itu kita mendapatkan dorongan untuk mencoba lagi .
    Usaha yang mendapatkan pujian menjadi landasan keberanianyang mendalam dan langgeng.namun ingat,anda tidak boleh memuji secara berlebihan.
    II.            Ajarilah Mereka Bretatap Mata dengan Orang Yang Mengajak Bicara
Ini dapat membantu anak anak mempelajari suatu kebiasaan berguna yang menuntut keberanian serta memberi anda kesempatan yang baik untuk memuji mereka ,bangun sebuah tradisi keluarga untuk saling menatap waktu bicara .
Metode Untuk Anak Usia Sekolah Dasar
1.Penghargaan bagi pembela Kebenaran
 Hadiahkan ini kepada seorang anggota keluarga yang berhak atas pengakuan dan pujian karena keberaniann yang telah ditunjukkan.
Dalam acara santap bersama mingguan yang paling lengkap,mintalah seluruh anggota keluarga (termasuk orang tua)mengingat ngingat kejadian selama seminggu yang lewat,ketika mereka berani mempertahankan kebenaran yang mereka yakini ~~waktu kebanyakan orang lain sengaja berbuat salah tetapi mereka berani berkata “tidak” ketika di ajak atau bahkan mencoba menegur.


2. Sulit dan baik : Hubungan antara keduanya
Kegiatan ini akan membantuanak anak mulai menerima tantangan yang sulit ,alih alih menhadirinya untuk permainan ini bagi anak anak menjadi dua kelompok.katakan bahwa anda akan menyebutkan suatu perbuatan atau kegiatan lalu kelompok yang satu harus menjawab apakah itu”sulit” atau “mudah”sedangkan yang lain harus menjawab “baik”atau”buruk” (masing masing kelompok membutuhkan sehelai kertas yang dinomori dari satu sampai dengan sepuluh dan sebatang pensil.)
1.      Bangun pagi dan belajar untuk ulangan hari ini.
2.      Meminta maaf kepada seseorang meskipun kita benar atau malu
3.      Mencoba merokok bersama teman supaya tak dikatakan banci
4.      Berteman dengan anak baru di sekolah meskipun anak lain menghindarinyakarena berbeda.
5.      Tidur pada hari minggu alih alih membantu mengerjakan membersihkan rumah
6.      -10 . Tambahkan sendiri oleh anda (usahakan mengangkat pengalaman nyata )
3.Metode bagi Remaja
1.      Pelajari (hafalkan bersama sama)bait syair shakepeare yang berbunyi “keraguan adalah penghianat dan membuat kita kehilangan kesempatan baik untuk mengatasi pecobaan.
2.      Keberanian dan lawannya : membantu atau merugikan
3.      Keputusan untuk masa depan
4.      Beranikan untuk mencoba hal yang abru
5.      Membuat daftar tentang “cara sehari hariuntuk menunjukkan keberanian “
6.      Jangan lewatkan saaat anak berani __pujilah mereka




BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
         pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Keberanian (atau Tekad) itu adalah sebuah keputusan yang sumbernya datang dari diri kita sendiri, yang bisa kita salurkan untuk menggapai panggilan, mimpi, harapan, dan tujuan hidup kita. Keberanian (atau Tekad) bukanlah sekadar lawan kata dari “ketakutan/ rasa takut”, tetapi keberanian (atau Tekad) memiliki arti yang jauh lebih dalam dari itu. Keberanian (atau Tekad) bisa dipilih oleh kita di dalam segala bentuk situasi hidup yang kita alami







DAFTAR PUSTAKA

Mengajarkan Nilai Nilai kepada Anak ,linda dan Richard Eyre ,PT.Gramedia pustaka utama jakarta ,1997
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOHON COMMENT NYA :)
ATAU LIKE NYA (Y) TERIMA KASIH

ILMU KALAM

  ILMU KALAM Disusun Untuk Memenuhi Matakuliah Ikmu kalam Dosen pengampu :Ismail, S,Pdi,M.Pd.I     Disusun Oleh : Nyemas u...